7 Wisata Ayunan Ekstrem di Indonesia

By franky odniel - 09.00

Di kota Banos, Ekuador, terdapat sebuah objek wisata yang terkenal ekstrem yang oleh wisatawan biasa dijuluki Swing at the End of the World atau ‘Ayunan di Ujung Dunia’. Objek wisata ini memang berupa ayunan yang letaknya berada di ketinggian sekitar 2.600 mdpl dan menghadap ke jurang yang menganga di bawahnya

Tanpa dilengkapi alat pengaman, ayunan ini dibuat tepat di bawah sebuah rumah pohon, yang membuatnya menjadi ayunan yang paling ekstrem di dunia. Siapa pun yang mencobanya akan mendapatkan sensasi melayang di ketinggian dengan jurang menganga di bawahnya. Seperti dilempar ke jurang!

Destinasi wisata semacam ini juga terdapat di beberapa negara lainnya, termasuk di Indonesia, lho! Nah, di bawah ini telah terangkum beberapa wisata ayunan ekstrem yang ada di Indonesia. Sehingga, kamu tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, kan?
1. Sky Swing di The Lodge Maribaya, Bandung
7 Wisata Ayunan Ekstrem di Indonesia

Bandung memang tak pernah kehabisan spot fotogenik untuk para pencinta selfie. Di Lodge Maribaya ini kita bisa menjajal sensasi berayun di atas jurang yang berlatar hijaunya hutan pinus. Foto yang akan dihasilkan tak kalah cantik dengan pemandangan aslinya. Di Lodge Maribaya ini juga ada wahana rumah pohon yang tak kalah fotogenik dengan sky swing.
2. Ayunan Langit Watu Jaran Kulon Progo
7 Wisata Ayunan Ekstrem di Indonesia

Ayunan langit Watu Jaran ini jadi salah satu spot fotogenik yang mendebarkan di Kulon progo. Karena ayunan ini berayun di atas ketinggian 800 mdpl. Meski berada di atas jurang, ayunan ini tetap aman karena dikelola oleh tim yang sudah dibekali pengetahuan dari Tim SAR Yogyakarta. Foto-foto di atas jurang berlatar hijaunya perbukitan Kulon Progo pun tak kalah serunya.
3. Swing Extreme di Bukit Cekong Enrekang
7 Wisata Ayunan Ekstrem di Indonesia

Bukit Cekong merupakan kawasan perbukitan di Sulawesi Selatan yang terkenal dengan arena motor crossnya. Tapi tak hanya itu, di bukit ini ada juga wahana ayunan ekstrem berpemandangan indah. Di sini kita bisa merasakan sensasi berayun dan menggantung sambil memandang hamparan alam dari ketinggian Bukit Cekong.
4. Ayunan Ketapel di Buttu Macca
7 Wisata Ayunan Ekstrem di Indonesia

​Disebut ayunan ketapel karena memang bentuknya yang mirip ketapel. Wahana ayunan ini dikelola oleh anak-anak muda Laskar Bambapuang dan masih berada di kawasan Enrekang juga. Ayunan ketapel ini tak kalah menegangkan dari ayunan ekstrem di Bukit Cekong lho! Saat berayun di Buttu Macca Kamu akan melihat indahnya pemandangan gunung Buttu Kabobong atau Gunung Nona yang hijau dan asri yang ada di Sulawesi Selatan.
5. Ayunan Coban Rais Malang
7 Wisata Ayunan Ekstrem di Indonesia

Coban Rais sendiri sebetulnya adalah kawasan air terjun yang sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan. Tapi demi mengundang makin banyak pencinta foto selfie, jadi dibuatlah ayunan ekstrem yang ada di tepian jurang di atas hutan pinus ini. Dari ayunan ini kita bisa menikmati hijaunya hutan pinus dan perbukitan di sepanjang mata memandang. 


6. Ayunan Angkasa Kalibaya Park Brebes
7 Wisata Ayunan Ekstrem di Indonesia

Kawasan Lio Rimba Raya atau lebih dikenal dengan nama Kalibaya Park merupakan salah satu destinasi wisata Brebes yang baru di Desa Pasir Panjang. Dii kawasan Kalibaya Park ini kita bisa menikmati segarnya alam pegunungan dan juga alam yang hijau. Makin seru dan menantang saat menikmati indahnya pemandangan ini dari ayunan angkasa. Tentunya sambil foto-foto biar tetep eksis ya. Untukmu yang punya nyali besar cobalah wahana ayunan angkasa ini. Dijamin ketagihan!
7. Slingshot Kuta, Bali
7 Wisata Ayunan Ekstrem di Indonesia

Slingshot Kuta masuk dalam satu destinasi wisata ekstrem yang ada di Bali. Slingshot ini merupakan permainan di mana kita harus duduk  dan diikat dalam sebuah rangka bola yang terpasang di menara setinggi 35 meter. Rangka bola ini diikat di dua utas kawat baja dan tali elastis, dan untuk menjalankan ayunan slingshot ini kita akan lontarkan seperti ketapel ke angkasa.

Kecepatan lemparan ayunan ini sangat tinggi lho, cocok bagi pencinta wahana ekstrem. Kita bisa menyudahi permainan ini hanya dengan menunggu kecepatan ayunannya mereda. Jadi meski kita sudah ketakutan setengah mati, kita tetap harus menunggu hingga ayunan ini berhenti dengan sendirinya.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar