Tips Penting untuk Menikmati Shibuya Crossing yang Ikonik

By franky odniel - 22.09

Jika kamu mencari di berbagai sumber tentang apa saja objek wisata di Tokyo, Jepang, mungkin beberapa sumber tersebut akan menyebutkan ‘Shibuya Crossing’. Betapa tidak, selain memang karena dekat dengan stasiun Shibuya tempat patung Hachiko yang terkenal, Shibuya Crossing juga disebut-sebut sebagai salah satu atraksi paling menarik dan ikonik. Namun apakah Shibuya Crossing itu?

Berikut penjelasan serta beberapa tips untukmu yang penasaran dan akan mengunjungi Shibuya Crossing, dari seorang traveler jalan2.com, vie asano.
Shibuya Crossing
Tips ke Tokyo: Shibuya Crossing & SIM Card Jepang

Secara harfiah, Shibuya Crossing dapat diterjemahkan sebagai persimpangan atau penyeberangan Shibuya. Percaya atau tidak, memang begitulah adanya. Yang dimaksud dengan Shibuya Crossing adalah penyeberangan/jalur zebra cross yang terletak di dekat Stasiun Shibuya. Untuk mencapai area ini, pengunjung dapat naik kereta jurusan apa saja dan turun melalui Hachiko Exit (Exit #8) di Stasiun Shibuya. Dari sini, Shibuya Crossing dapat diakses dengan mudah.
Tips ke Tokyo: Shibuya Crossing & SIM Card Jepang

Shibuya Crossing ini memang menjadi atraksi yang paling dinanti selama berada di daerah Shibuya. Saking uniknya, area ini kerap muncul dalam beberapa film ternama. Sebut saja The Fast and the Furious: Tokyo Drift, Lost in Translation, serta Resident Evil: Afterlife, hanyalah sebagian dari sekian judul film yang menampilkan Shibuya Crossing. Belum lagi jika dihitung dengan munculnya area ini dalam berbagai video musik serta acara televisi setempat. Kepopuleran Shibuya Crossing itulah yang kerap membuat wisatawan tergoda untuk berkunjung ke Shibuya dan memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi dari area tersebut, terutama bagi yang telah menonton film-film itu maupun yang telah melakukan browsing seputar atraksi paling menarik di Tokyo.
Tips ke Tokyo: Shibuya Crossing & SIM Card Jepang
Shibuya Crossing dalam film Resident Evil: Afterlife 
Namun realita terkadang tak sesuai dengan ekspektasi. Tak sedikit yang kecewa dan gigit jari setelah datang ke Shibuya Crossing karena melihat fakta bahwa Shibuya Crossing memang hanyalah sebuah penyeberangan jalan. Ujung-ujungnya, banyak wisatawan yang akhirnya mengalihkan tujuan wisatanya dengan berkeliling di area Shibuya dan justru melewatkan atraksi utama, yaitu Shibuya Crossing itu sendiri.
Sebaiknya jangan ikut menyeberang
Tips ke Tokyo: Shibuya Crossing & SIM Card Jepang

Nah, bagi yang ingin melihat Shibuya Crossing saat berwisata ke Tokyo, mari kenali dulu kenapa penyeberangan di Shibuya ini digelari sebagai atraksi unik dan ikonik. Sebagai informasi awal, di area Shibuya Crossing ini tidak hanya terdapat sebuah penyeberangan jalan saja. Terdapat beberapa zebra cross yang saling berpotongan dan membentuk sebuah jalur yang cukup unik.
Tips ke Tokyo: Shibuya Crossing & SIM Card Jepang

Namun bukan jalur itu yang membuat area ini begitu terkenal, melainkan volume orang yang menyeberang jalan di persimpangan itulah yang membuat area ini populer. Sekali lampu merah menyala dan kendaraan berhenti, volume pejalan kaki yang berlalu lalang sangatlah luar biasa; seolah-olah setengah dari penduduk Tokyo sengaja dikumpulkan untuk menciptakan sebuah kepadatan yang masif di area tersebut. Mereka terlihat seperti bergerak ke berbagai arah, saling bersilangan, bertubrukan, dan menciptakan keruwetan yang bisa membuat first time traveler merasakan panic attack jika berdiri begitu saja di tengah-tengah Shibuya Crossing (biasanya karena ingin mengambil foto suasana di area penyeberangan) maupun jika terseret oleh arus pejalan kaki lainnya.
Tips ke Tokyo: Shibuya Crossing & SIM Card Jepang

Jadi, jika ingin menikmati suasana Shibuya Crossing yang sebenarnya, inilah tips pertama yang harus diperhatikan: jangan ikut menyeberang, apalagi berhenti di tengah penyeberangan untuk berfoto-foto. Dengan ikut menyeberang, kamu hanya akan mengalami sepersekian dari suasana Shibuya Crossing yang sesungguhnya, dan tak jarang itulah yang membuat wisatawan kecewa setelah berkunjung kesana.
Lihat dari ketinggian
Tips ke Tokyo: Shibuya Crossing & SIM Card Jepang

Lalu bagaimana cara terbaik untuk menikmati Shibuya Crossing? Ini dia tips kedua yang perlu diketahui. Shibuya Crossing paling menarik jika dilihat dari atas. Pergilah ke tempat dimana kamu dapat menikmati Shibuya Crossing dari ketinggian. Yang paling populer adalah Starbucks Coffee yang terletak di seberang Stasiun Shibuya. Di lantai atas dari gerai Starbucks Coffee yang disebut-sebut sebagai salah satu yang terbesar dan tersibuk di dunia ini pengunjung dapat menikmati minuman sambil mengamati Shibuya Crossing.
Tips ke Tokyo: Shibuya Crossing & SIM Card Jepang

Cobalah perhatikan bagaimana suasana di Shibuya Crossing dapat berubah seketika sesuai dengan perubahan lampu lalu lintas. Saat lampu hijau, kendaraan akan berlalu lalang seperti biasa. Namun saat lampu berubah menjadi merah, lautan manusia akan memenuhi Shibuya Crossing, mengisi setiap jalur zebra cross yang bersilangan sehingga terlihat seolah ada kekacauan massal. Suasana pun otomatis kembali “hening” saat lampu berubah hijau, dan begitu seterusnya. Jika diibaratkan, lampu lalu lintas di Shibuya Crossing layaknya konduktor dalam sebuah orkestra. Setiap perubahan warnanya dapat langsung mengubah suasana di area penyeberangan itu dalam sekejap.
Datanglah saat malam hari
Tips ke Tokyo: Shibuya Crossing & SIM Card Jepang

Selain faktor penyeberang jalan sebagai “pemain penting” dalam atraksi Shibuya Crossing, masih ada cara lain untuk menikmati kawasan ini. Coba perhatikan ke sekeliling Shibuya Crossing. Terdapat beberapa televisi berukuran super besar yang terus menyala selama 24 jam.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar