7 Makanan Enak Khas Kroasia, Siap Rayakan Kemenangan Piala Dunia 2018

By franky odniel - 09.12

Tampaknya Dewi Fortuna tidak lagi berpihak ke Kroasia saat melawan Perancis di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7). Melalui pertandingan yang sengit, Kroasia "dipaksa" menyerah dengan skor 2-4. Meski kalah, Kroasia tetaplah mencetak rekor baru sebagai runner up dalam ajang bergengsi Piala Dunia.
Setelah menghadapi berbagai pertandingan, kini saatnya Luka Modrić cs untuk menggelar pesta kemenangan. Ada banyak minuman dan makanan khas Kroasia yang siap memanjakan mereka. Penasaran, seperti apa makanan khas Kroasia yang mirip hidangan Italia, Austria, dan Turki? Simak di bawah ini!

1. Žganci

7 Makanan Enak Khas Kroasia, Siap Rayakan Kemenangan Piala Dunia 2018wikipedia.org
Inilah makanan khas orang Kroasia saat sarapan. Žganci mirip dengan polenta asal Italia yang terbuat dari tepung soba, jagung, gandum, air, minyak goreng, dan garam. Untuk menambah kelezatannya, biasanya zganci disajikan dengan daging, yogurt, susu, dan madu.

2. Crni rižot

7 Makanan Enak Khas Kroasia, Siap Rayakan Kemenangan Piala Dunia 2018total-croatia-news.com
Kaum millennials pasti cukup familiar dengan makanan ini. Sudah banyak kafe kekinian di Indonesia yang menjualnya dengan sebutan rissotto hitam. Lain halnya di Kroasia, hampir semua restoran seafood di sana pasti mempunyai menu crni rižot. Meskipun sama-sama menggunakan tinta cumi, tentu saja cita rasa di Kroasia sebagai negara asalnya lebih autentik dibanding negara lainnya.

3. Hobotnica ispod peke

7 Makanan Enak Khas Kroasia, Siap Rayakan Kemenangan Piala Dunia 201824sata.hr
Memadukan daging, seafood, dan sayuran, hobotnica ispod peke mempunyai cara masak yang unik. Semua bahan dimasukkan ke dalam wadah berbentuk lonceng dan dimasak di atas bara api. Agar rasanya lebih nikmat, diberikan rempah khas Mediterania, madu, daging sapi, dan gurita. Masakan ini biasa ditemukan di Bosnia dan Montenegro.

4. Skampi Na Buzaru

7 Makanan Enak Khas Kroasia, Siap Rayakan Kemenangan Piala Dunia 2018heneedsfood.com
Masyarakat pesisir Kroasia memasak skampi na buzaru dengan metode yang disebut buzara. Teknik memasak ini kerap mereka gunakan untuk olahan udang dan kerang. Biasanya saat mengolah udang dan kerang, mereka menambahkan anggur putih, bawang putih, remah roti, dan peterseli.

5. Maneštra

7 Makanan Enak Khas Kroasia, Siap Rayakan Kemenangan Piala Dunia 2018heneedsfood.com
Sup khas ini sangat populer di Kroasia dengan beragam pilihan rasa. Beberapa di antaranya adalah sup kacang jagung dan sup kacang sauerkraut. Tidak sulit menemukan maneštra, karena hampir semua wilayah Kroasia menyediakannya.

6. Pasticada s njokima

7 Makanan Enak Khas Kroasia, Siap Rayakan Kemenangan Piala Dunia 2018heneedsfood.com
Makanan sehari-hari Kroasia ini cukup spesial, karena butuh waktu lama untuk membuatnya. Pertama-tama, daging sapi muda harus direndam dalam cuka anggur selama beberapa hari. Tak hanya itu, bahan bumbu yang dibutuhkan juga cukup langka dan spesial. Kamu yang penasaran dengan kelezatannya, bisa mampir ke kawasan Dalmatian.

7. Arancini

7 Makanan Enak Khas Kroasia, Siap Rayakan Kemenangan Piala Dunia 2018feeds.croatia.hr
Sebagai hidangan penutup, tersedia arancini yang terbuat dari manisan kulit jeruk. Arancini bisa disebut sebagai permen tradisional yang cukup populer di Kroasia Selatan. Saat singgah ke sana, arancini bisa ditemukan di toko oleh-oleh sebagai buah tangan.
Kamu yang ingin membuatnya sendiri, cukup iris tipis kulit jeruk dan rendam dalam air selama sepekan. Setelah itu, rebus dalam air dan gula selama 30 menit. Selagi masih hangat, lapisi kulit jeruk dengan gula pasir.
Nah, itulah tujuh makanan khas Kroasia yang sayang untuk kamu lewatkan. Kalau kamu berkesempatan liburan ke negara runner up Piala Dunia itu, jangan lupa cicipi semuanya ya!

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar