ARASHIYAMA: DAERAH WISATA ALAM NAN INDAH DI KYOTO

By franky odniel - 23.45

Arashiyama adalah sebuah distrik yang menjadi daerah wisata di Kyoto. Arashiyama merupakan tempat yang nyaman dan populer sebagai tempat wisata sejak jaman Heian. Tempat yang terletak di sebelah barat pinggiran kota Kyoto ini menawarkan pemandangan alam yang indah sehingga sejak dulu bahkan para bangsawan pun menjadikannya sebagai tempat untuk berwisata.

Kata Arashiyama sendiri berarti gunung badai. Dinamai seperti ini mungkin karena gunung dan bukitnya yang curam. Di sini pemandangan alam gunung, perbukitan, sungai, dan juga pohon dan bunga-bunga semuanya menyatu dengan bangunan-bangunan antik bersejarah. Kita bisa berjalan-jalan menikmati pemandangan gunung dengan kebun bunga berwarna-warni di musim semi di Arashiyama.
Arashiyama: Daerah Wisata Alam nan Indah di Kyoto

Kyoto dan Arashiyama bisa dibilang 'satu paket'. Namun, tak sedikit orang Indonesia yang liburan ke Kyoto tapi tak mengunjungi Arashiyama. Mayoritas hanya berkeliling di pusat kota dan tempat wisata populer seperti Kuil Kiyomizudera, Kuil Kinkakuji, atau Kuil Ginkakuji. Sayang sekali kalau melewatkan daerah wisata Arashiyama di pegunungan barat Kyoto yang memiliki segudang tempat wisata.

Untukmu yang penasaran atau belum pernah ke Arashiyama dan berencana ingin liburan ke Kyoto nanti, di bawah ini telah terangkum kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan di Arashiyama selain mengunjungi hutan bambunya
1. Menyusuri Sungai Hozugawa
Arashiyama: Daerah Wisata Alam nan Indah di Kyoto

Satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di daerah wisata Arashiyama adalah menyusuri sungai Hozugawa. Kegiatan ini sering disebut Hozugawa Kudari atau menyusuri muara sungai Hozugawa dalam bahasa Indonesia. Naik rakit dan menyusuri sungai ini awalnya dilakukan sekitar 400 tahun lalu untuk transportasi orang dan barang dagangan. Namun semenjak pembangunan jalan di era Meiji, fungsinya beralih jadi kegiatan wisata.
Arashiyama: Daerah Wisata Alam nan Indah di Kyoto

Dari atas rakit kita bisa menikmati keindahan pegunungan Arashiyama dari sudut yang berbeda. Kita bisa memandangnya dari dekat dan 360 derajat.
2. Melihat Keindahan Pemandangan Sekitar Jembatan Togetsu
Arashiyama: Daerah Wisata Alam nan Indah di Kyoto

Jembatan Togetsu melintang di atas sungai Katsura di kaki gunung Arashiyama. Panjang jembatan ini sekitar 250 meter dari satu sisi ke sisi lainnya. Meskipun tahun 2013 lalu karena hujan lebat, banjir besar melanda daerah ini, namun Jembatan Togetsu tetap kuat dan tidak mengalami kerusakan
Arashiyama: Daerah Wisata Alam nan Indah di Kyoto

Pada musim semi, sepanjang pinggir sungai bunga-bunga sakura bermekaran. Pada musim panas, daun-daun bewarna hijau cerah, amat segar dipandang. Orang-orang sering melakukan barbeque di pinggir sungai, makan siang sambil menikmati sejuknya udara pegunungan. Di musim gugur, daun-daun pepohonan berubah warnanya menjadi kuning kemerah-merahan. Apalagi ditambah dengan pencahayaan (iluminasi di Arashiyama) pemandangan malamnya tampak lebih memukau. Di musim dingin, kita pun tetap bisa menikmati pemandangan bukit yang diselimuti oleh salju.
3. Mengunjungi Kuil Tenryuji, Ikon Wisata Arashiyama
Arashiyama: Daerah Wisata Alam nan Indah di Kyoto

Kuil Tenryuji adalah Kuil di lereng Gunung Arashiyama, di sisi barat kota Kyoto yang terkenal dengan taman Jepang Nihonteien dengan panorama menakjubkan. Lokasinya tidak jauh dari jembatan Togetsu di pinggir sungai, melengkapi deretan kuil-kuil di Kyoto lainnya seperti Kuil Kiyomizudera, Kuil Fushimi-Inari Taisha, dan Kuil Heian Jingu yang lebih dulu diakui oleh UNESCO.
Arashiyama: Daerah Wisata Alam nan Indah di Kyoto

Nama Kuil Tenryuji adalah yang paling terkenal di Jepang ketika menyebut daerah wisata Arashiyama. Kuil di bagian selatan stasiun Arashiyama ini berada di bagian dalam hutan bambu Arashiyama yang terkenal.
4. Menaiki Kereta Wisata Sagano-Arashiyama
Arashiyama: Daerah Wisata Alam nan Indah di Kyoto

Kereta wisata Sagano adalah kereta wisata dengan lokomotif kuno dengan mesin uap. Dengan naik kereta wisata ini, kita bisa merasakan langsung pemandangan alam pegunungan Arashiyama Kyoto. Bayangkan saja kereta dengan desain kuno dan jendela kaca terbuka menyusuri jalanan dengan ritme pelan. Hembusan angin pegunungan pun akan menerpa wajah, memberikan sensasi segar yang menenangkan. Sagano Romantic Train akan menjadi teman perjalanan super romantis!
Arashiyama: Daerah Wisata Alam nan Indah di Kyoto

Saat naik Sagano Romantic Train, kita berkesempatan untuk melihat 3 spot menarik dari kereta. Ketiga spot ini adalah Pemandangan Sungai Hozu, Hutan Bambu Arashiyama, dan Jembatan Togetsukyo.  Aliran deras sungai Hozu yang dikelilingi dengan pegunungan akan menjadi pesona utama. Suara gemuruh dari aliran deras itupun terdengar. Sesekali kita juga berkesempatan melihat pengunjung lain yang tengah naik kapal tradisional.
5. Ke Gunung Iwatayama
Arashiyama: Daerah Wisata Alam nan Indah di Kyoto

Satu tempat menarik di Arashiyama adalah Taman Kera di Iwatayama, gunung di sebelah barat laut Arashiyama. Kita bisa hiking singkat dari jalan di belakang jembatan Jembatan Togetsu sampai ke puncak gunung Iwatayama. Sepanjang perjalanan, kita bakalan bertemu dengan monyet Jepang yang berkeliaran di pohon-pohon pegunungan. Di puncak gunung, kita bisa melihat penangkaran kera dan juga membeli pakan untuk memberi makan kera-kera. Berkunjung ke taman kera di Iwatayama bisa jadi opsi kegiatan seru di Arashiyama Kyoto.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar