INI DIA! TEMPAT DI INDONESIA YANG MIRIP DENGAN TEMPAT DI LUAR NEGRI

By franky odniel - 09.29

Indonesia tak akan penah habis tempat bagus, tempat wisata, Indonesia memang negara yang kaya dan indah. Bahkan beberapa tempat di Indonesia yang mirip dengan tempat diluar negri yang lebih dulu terkenal. Kemiripan tempat ini ada yang memang alami secara kebetulan ataupun disengaja meniru tempat diluar negeri akrena kekaguman dan kemegahannya yang menjadi daya tarik, berikut daftar dari Tempat di Indonesia yang mirip dengan tempat di luar negri:
1. Monumen Simpang Lima, Kediri - Arc de Triomphe, Paris
Monumen Simpang Lima
Monumen Simpang Lima Kediri
Arc De Triomphe
Arc De Triomphe, Paris
​Sudahkah kalian tahu bahwa ternyata kota Kediri memiliki bangunan yang mirip dengan Arc de Triomphe di Paris, Perancis. Monumen yang dijadikan sebagai ikon kota ini diberi nama Monumen Simpang Lima GumulMonumen Simpang Lima Gumul merupakan bangunan seluas 804 meter persegi dengan tinggi 25 meter dan terdiri dari 6 lantai. Sama halnya dengan Monas di Jakarta, monumen ini juga sering dijadikan sebagai tempat diadakannya berbagai festival serta beberapa kegiatan menarik yang dapat dinikmati oleh warga Kediri dan sekitarnya.
2. Punthuk Setumbu, Magelang - Bagan, Myanmar
Punthuk Setumbu
Punthuk Setumbu Magelang
Bagan Myanmar
Bagan Myanmar
​Menyaksikan candi-candi yang dikelilingi oleh kabut serta awan yang membuatnya seakan melayang dan mistis, adalah keindahan wisata yang disuguhkan di Bagan, Myanmar. Namun kini hal yang sama juga dapat disaksikan di Punthuk Setumbuk atau tepatnya di Magelang.
​Bukit Punthuk Setumbu adalah salah satu bukit kecil yang lumayan tinggi di sekitaran candi Borobudur. Letak bukit ini tepatnya berada di Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Sebagian besar mengenalnya sebagai Borobudur Nirwana Sunrise Punthuk Setumbu. Dari bukit ini kalian dapat menyaksikan keindahan canti Borobudur ketika pagi yag seakan melayang di atas awan
3. Brown Canyon, Semarang - Grand Canyon, Arizona
Brown Canyon
Brown Canyon Semarang
Grand Canyon Arizona
Grand Canyon Arizona
​Grand Canyon yang berupa tebing-tebing megah merupakan salah satu tempat tujuan wisata di Amerika yang cukup terkenal. Jika kalian pernah memimpikan untuk datang kesana, mari sebelum itu terwujud datanglah lebih dulu ke Semarang, karena di kota ini juga terdapat tebing yang rupanya mirip dengan Grand Canyon.
Maka dengan alasan kemiripan tersebutlah kini tempat ini dikenal sebagai Brown Canyon. Terletak di Tembalang, Semarang, ternyata lokasi ini adalah tempat penambangan yang dibiarkan apa adanya sehingga menyerupai tebing-tebing megah ala Grand Canyon.
4. Sleeping Buddha, Mojokerto - Sleeping Buddha, Hatyai Thailand
Sleeping Buddha
Sleeping Buddha Mojokerto
Sleeping Buddha
Sleeping Buddha Thailand
​Di Thailand tersebar banyak patung buddha berwarna emas yang memiliki posisi tidur atau disebut dengan Sleeping Buddha, salah satunya berada di Hatyai, Thailand Selatan. Namun ternyata patung serupa juga terdapat di Mojokerto, Jawa Timur. Sebenarnya ada empat patung Buddha tidur yang juga tersebar di Indonesia, namun patung yang terbesar berada di Mahavihara Majapahit, Trowulan, Mojokerto ini.
Patung Sleeping Buddha ini memiliki ukuran panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Menariknya lagi, patung Buddha tidur di Mojokerto ini menjadi yang terbesar ketiga di dunia setelah Thailand dan Nepal. Berdasarkan sejarah patung tersebut dibangun oleh YM Viryanadi Maha Tera pada tahun 1993.
5. Pantai Ora, Maluku - Maldives, Maladewa
Pantai Ora
Pantai Ora Maluku
Maladewa
Maldives, Maladewa
​Jika ada pertanyaan mengenai dimana tempat yang cocok untuk merasakan liburan layaknya di Maladewa, tentu saja jawaban yang paling tepat adalah di Pantai Ora. Pantai Ora merupakan pantai yang masuk kedalam jajaran pantai paling cantik di Indonesia.
Pantai yang letaknya di Maluku ini dianggap spesial karena memiliki latar belakang pantai yang berair jernih sebening kaca. Keindahan yang luar biasa tersebut membuat siapapun setuju kalau keindahan Pantai Ora sama seperti Maladewa, karena keduanya sama-sama memiliki laguna dengan pantai yang tenang, air yang jernih dan banyak penginapan yang dibangun di atas air.
6. TN. Baluran, Banyuwangi - Alam liar Afrika
Baluran
TN Baluran, Banyuwangi Situbondo
African Savanna
Alam Liar Afrika
​Taman Nasional Baluran terletak di Kabupaten Banyuwangi s.d Situbondo, Jawa Timur. Kini keberadaan Taman Nasional Baluran sering dijuluki sebagai Afrika-nya Jawa, karena disini kalian dapat menemukan miniatur Savanna Afrika dengan savana yang terbentang luas dan banyak satwa liar yang berkeliaran mirip di Afrika.
Tidak hanya lansekapnya, kalian juga bisa melihat sekelompok rusa dan banteng diantara rerumputan. Di taman nasional ini juga dikenal memiliki banyak monyet dan berbagai jenis burung. Pemandangan Gunung Baluran yang mirip Kilimanjaro serta hamparan savana dan rumput yang mengering berwarna keemasan akan menambahkan kesan bahwa kalian benar-benar berada di Afrika.
7. Gumuk Pasir Parang Kusumo, Yogyakarta - Padang Pasir Timur Tengah
Gumuk Pasir
Gumuk Pasir Parang Kusumo
Picture
Padang Pasir Timur Tengah
​Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan salah satu destinasi yang kini begitu fenomenal di Yogyakarta. Gumuk pasir merupakan satu-satunya padang pasir di Asia Tenggara, di tempat ini kalian akan menemukan gundukan-gundukan yang berisi material pasir di sepanjang Pantai Parangtritis-Parangkusumo sampai muara Sungai Opak, penampakan tersebut membuatnya disebut sebagai Padang Sahara mini.
Tidak hanya menikmati pemandangan yang unik dan tidak biasa, kalian juga dapat mencoba kegiatan Sandboarding di tempat ini. Yakni surfing di atas pasir dengan menggunakan papan luncur yang memang dapat disewakan untuk para pengunjung
8. Pasar Muara Kuin, Banjarmasin - Floating Market Thailand
Picture
Pasar Muara Kuin Banjarmasin
Picture
Floating Market Thailand
​Jika selama ini floating market atau pasar terapung selalu identik dengan wisata di Thailand serta Vietnam, kalian tentu salah menduganya. Karena pada kenyataannya, Indonesia juga memiliki pasar terapung yang dapat ditemui di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Terdapat dua pasar terapung yang dapat kalian dan wisatawan kunjungi, yakni Pasar Terapung Muara Kuin yang berlokasi di Sungai Kuin, Banjarmasin, dan Pasar Terapung Lok Baintan di Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.
Sama dengan pasar pada umumnya, pasar terapung ini juga menjual barang-barang seperti sayuran, buah dan ikan. Tidak hanya bahan makanan, pasar ini juga menjual makanan siap saji seperti roti, kue, kopi, nasi, bahkan sate dan ikan goreng. Pasar terapung yang hanya ada pada pagi hari ini kini menjadi salah satu obyek wisata andalan di Banjarmasin.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar