ITTOQQORTOORMIIT: KOTA YANG LAUTNYA MEMBEKU 9 BULAN

By franky odniel - 10.03

Greenland adalah sebuah pulau di Samudera Atlantik bagian utara di arah timur laut Kanada. Luas wilayahnya adalah 2.166.086 km² dan merupakan pulau terbesar di dunia serta bagian dari Denmark.

Greenland, jika diterjemahkan secara literal berarti "tanah hijau." Walaupun Greenland berarti tanah hijau, namun pada kenyataanya hampir keseluruhan Greenland diselimuti es dan salju. Dan meski dengan kondisi seperti itu, pulau ini tetap dihuni manusia, bahkan memiliki kota, salah satunya kota bernama unik yang satu ini.

Tak hanya memiliki nama yang unik dan sedikit sulit dibaca, kota di Greendland ini juga punya laut yang membeku hingga 9 bulan lamanya.
Ittoqqortoormiit: Kota yang Lautnya Membeku 9 Bulan
Via alluringworld.com
Kota itu bernama Ittoqqortoormiit, yang menjadi wilayah paling terisolasi di Greendland. Namun jangan salah, tempat ini menyediakan pemandangan alam yang indah dan memesona dengan keberadaannya yang berbatasan langsung dengan taman nasional terbesar di Greendland, Northeast Greendland National Park.
Ittoqqortoormiit: Kota yang Lautnya Membeku 9 Bulan

Menjadi salah satu kota terisolasi di bumi, Ittoqqortoormiit memiliki suhu rendah, seperti wilayah Greenland pada umumnya. Apalagi ketika musim dingin, suhunya bisa sangat rendah sehingga laut di Ittoqqortoormiit menjadi membeku selama sekitar 9 bulan lamanya! Membekunya laut di wilayah tersebut menyebabkan kapal tidak dapat lewat, terkecuali kapal pemecah es.
Ittoqqortoormiit: Kota yang Lautnya Membeku 9 Bulan

Dihuni sekitar 452 orang penduduk yang kebanyakan masyarakatnya adalah suku Inuit, Ittoqqortoormiit dihiasi oleh rumah-rumah penduduk yang dicat dengan warna-warna cerah yang cantik. Aturannya, setiap rumah hanya boleh menggunakan satu warna saja. Merah, kuning, hijau, dan biru adalah warna yang biasa digunakan. Juga, bentuk rumah yang unik membuat rumah-rumah penduduk terlihat seperti susunan lego di atas tumpukan salju.
Ittoqqortoormiit: Kota yang Lautnya Membeku 9 Bulan

Sehari-harinya, penduduk Ittoqqortoormiit kebanyakan berburu dan menangkap ikan. Selain pemburu dan nelayan, ada juga peniliti yang tinggal untuk meneliti perubahan iklim di kota kecil ini.
Ittoqqortoormiit: Kota yang Lautnya Membeku 9 Bulan

Dengan luas area mencapai 235.000 km persegi, Ittoqqortoormiit saat ini hanya memiliki 1 kantor pos, 1 penginapan, 1 bar, 1 swalayan, dan beberapa toko kecil.
Ittoqqortoormiit: Kota yang Lautnya Membeku 9 Bulan

Hal yang paling menarik untuk dilakukan di Ittoqqortoormiit yaitu melihat fenomena langt Aurora Borealis. Wisatawan juga dapat melakukan akivitas lain seperti, melihat beruang kutub, menaiki kereta salju, atau bahkan menaiki salah satu gunung di Ittoqqortoormiit.
Ittoqqortoormiit: Kota yang Lautnya Membeku 9 Bulan

Untuk mengunjungi tempat ini, wisatawan hanya memiliki dua alternatif yaitu dengan 2 penerbangan ke Constable Point Airport yang hanya tersedia di hari Rabu dan menaiki kapal yang hanya bisa berlabuh pada bulan Juli dan Agustus di pelabuhan Milne Land.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar