WAINHOUSE TOWER : CEROBONG ASAP TERTINGGI DI DUNIA

By franky odniel - 10.01

Selain terkenal akan objek wisata alamnya yang cantik, Inggris juga terkenal akan bangunan-bangunan bersejarah yang cantik dan layak diunjungi. Salah satunya cerobong asap tertinggi di dunia yang ternyata dimiliki Inggris, yaitu Wainhouse Tower.
Wainhouse Tower: Cerobong Asap Tertinggi di Dunia

Berlokasi di sisi barat daya West Yorkshire, menara Wainhouse memiliki cerita yang unik untuk disimak. Awalnya, menara ini dibangun untuk cerobong asap perusahaan pencelupan milik John Wainhouse. Memiliki tinggi 275 kaki atau 88,35 meter, Wainhouse Tower rencananya akan dihubungkan dengan pabrik pencelupan melalui saluran bawah tanah.

Namun ternyata, cerobong asap ini tidak digunakan sesuai rencana awal. Wainhouse menjual pabriknya kepada manajer pabrikya saat pembangunan menara ini masih berlansung. Karena belum selesai pengerjaannya, sang pembeli menolak membeli Wainhouse Tower. 
Wainhouse Tower: Cerobong Asap Tertinggi di Dunia

Dibangun ditahun 1871-1875, pembangunan menara ini menghabiskan biaya sekitar 14,000 pounds atau sekitar Rp. 270,851,000. Akhirnya Wainhouse menjadikan cerobong asap tersebut sebagai salah satu aset propertinya karena tidak adanya pembeli yang berminat dengan cerebong asap tersebut.

Keberadaan cerobong asap ini membuat salah satu tetangga Wainhouse, Sir Henry Edwards tidak nyaman. Edwards merasa kehilangan privasinya yang diakibatan keberadaan cerobong asap tersebut. Kegiatan yang selalu dia lakukan di tanah privasinya dapat terlihat dari cerobong asap tersebut oleh Wainhouse. Juga, asap yang keluar menjadi salah satu alasan terganggunya Edwards dengan Wainhouse Tower.

Wainhouse Tower memiliki dua platform. 389 anak tangga dapat digunakan menuju ke platform kedua, dan dibutuhkan 405 anak tangga lagi untuk menuju platform pertama. Kedua platform ini dapat dikunjungi oleh turis. Namun, lantai paling atas biasanya ditutup. 
Wainhouse Tower: Cerobong Asap Tertinggi di Dunia

Menara ini akan memanjakan mata pengunjung dengan pemandangan cantik Kota Halifax dari ketinggian. Tertarik?

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar